Rabu, 27 November 2013

Sumber Daya Konsumen dan Pengetahuan



 Sumber Daya Konsumen

Potensi Sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumber daya yang dimiliki , baik yang tergolong dalam sumber daya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) . Misalnya penggunaan energy sinar matahari , panas bumi , atau gelombang laut termasuk angin , akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui .
Faktor sumber daya manusia telah menghadirkan suatu proses pemikiran baru dalam telaah teori – teori pembangunan ekonomi , yang menempatkan sumber daya manusia sebagai poros utama pembangunan ekonomi baik dalam skala global , nasional , maupun daerah .

Pengetahuan

Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk , serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen .
Pengetahuan konsumen terbagi menjadi 3 macam yaitu :
1.     Pengetahuan produk
Kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk . Pengetahuan ini meliputi kategori produk , merk , terminologi produk , atribut atau fitur produk , harga produk dan kepercayaan mengenai produk

2.    Pengetahuan pembelian
Terdiri atas pengetahuan tentang toko , dan penempatan produk yang sebenarnya didalam toko tersebut

3.    Pengetahuan pemakaian
Suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar