Rabu, 27 November 2013

Kepribadian , Nilai , dan Gaya Hidup

Kepribadian
Merupakan ciri watak seorang individu yang konsisten , yang mendasari perilaku individu . Kepribadian sendiri meliputi kebiasaan , sikap , dan sifat lain yang khas dimiliki seseorang . Tetapi kepribadian berkembang jika adanya hubungan dengan orang lain . Dasar pokok dari perilaku seseorang adalah factor biologis dan psikologisnya . Kepribadian sendiri memiliki banyak seni dan salah satunya adalah self ( diri sendiri ) .

Nilai
Merupakan kata sifat yang selalu terkait dengan benda , barang , orang , atau hal – hal tertentu yang menyertai kata tersebut . pengkaitan nilai dengan hal – hal tertentu itulah yang menjadikan benda , barang dianggap memiliki makna atau manfaat . Dengan demikian yang dimaksud dengan nilai adalah prinsip , tujuan , atau standar social yang dipertahankan oleh seseorang atau sekelompok orang karena secara intrinsic mengandung makna .

Gaya Hidup
Pengertian gaya hidup menurut beberapa ahli :
-       Menurut Plumer (1983) gaya hidup adalah cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas) , apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia disekitarnya .

-       Menurut Sarwono (1989) menyatakan bahwa salah satu factor yang mempengaruhi gaya hidup adalah konsep diri .

-       Menurut Susanto (2003) gaya hidup adalah perpaduan antara kebutuhan ekspresi diri dan harapan kelompok terhadap seseorang dalam bertindak berdasarkan pada norma yang berlaku .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar