Rabu, 21 Desember 2011

Manusia dan Kebudayaan


Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis , rohani , dan istilah kebudayaan , atau secara campuran . Secara biologis , manusia adalah hewan dengan tingkatan yang lebih tinggi karena memiliki akal budi . Dalam hal kerohanian , manusia dijelaskan sebagai ciptaan Tuhan . Dalam antropologi kebudayaan , mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya , organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya , dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan . Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya . Secara alamiah , jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan . Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria . Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita .
Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia , mulai dari janin , bayi , balita , anak-anak , remaja , pemuda/i , dewasa , dan orangtua .
Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya , berdasarkan ciri-ciri fisik (warna kulit , rambut , mata ; bentuk hidung ; tinggi badan) , afiliasi sosio-politik-agama (penganut agama/kepercayaan XYZ , warga negara XYZ , anggota partai XYZ) , hubungan kekerabatan (keluarga: keluarga dekat , keluarga jauh , keluarga tiri , keluarga angkat , keluarga asuh ; teman ; musuh) dan lain sebagainya .
Sebuah peradaban adalah sebuah masyarakat yang telah mencapai tingkat kerumitan tertentu , umumnya termasuk perkotaandan pemerintahan berlembaga , agama , iptek , sastra sertafilsafat . Perkotaan paling awal di dunia ditemukan di dekat rute perdagangan penting kira-kira 10.000 tahun lalu (Yeriko, Çatalhöyük) . Kebudayaan manusia dan ekspresi seni mendahului peradaban dan dapat dilacak sampai ke palaeolithik (lukisan goa , arca Venus , tembikar / pecah belah dari tanah) . Kemajuan pertanian memungkinkan transisi dari masyarakat pemburu dan pengumpul atau nomadik menjadi perkampungan menetap sejak Milenium ke-9 SM . Penjinakan hewan menjadi bagian penting dari kebudayaan manusia (anjing , domba , kambing , lembu) . Dalam masa sejarah ilmupengetahuan dan teknologi telah berkembang bahkan lebih pesat (lihat Sejarah iptek) .

sumber :  http://aurickdanielle.wordpress.com/2011/10/31/258/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar