Kriteria
Evaluasi
Kriteria
evaluasi , salah satu aktivitas dalam proses pengambilan keputusan konsumen ,
memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen . Saat
konsumen melakukan aktivitas ini , mereka sedang mempertimbangkan
atribut-atribut yang terdapat pada satu produk dan menilai atribut mana yang
lebih penting untuknya yang ia gunakan sebagai dasar keputusan memilih produk
(Kotler, 2005) .
Penentuan
Alternatif Pilihan
Kriteria
Evaluasi
Kriteria
evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai
alternatif-alternatif pilihan . Kriteria alternatif dapat muncul dalam berbagai
bentuk , misalnya dalam membeli mobil seorang konsumen mungkin mempertimbangkan
criteria , keselamatan , kenyamanan , harga , merek , negara asal (country of
origin) dan juga spek hedonik seperti gengsi , kebahagiaan , kesenangan dan
sebagainya . Beberapa criteria eveluasi yang umum adalah :
1. Harga
Harga
menentukan pemilihan alternative . Konsumen cenderung akan memilih harga yang
murah untuk suatu produk yang ia tahu spesifikasinya . Namun jika konsumen
tidak bisa mengevaluasi kualitas produk maka harga merupakan indicator kualitas
. Oleh karena itu strategi harga hendaknya disesuaikan dengan karakteristik
produk
2. Nama Merek
Merek
terbukti menjadi determinan penting dalam pembelian obat . Nampaknya merek
merupakan penganti dari mutu dan spesifikasi produk . Ketika konsumen sulit
menilai criteria kualitas produk , kepercayaan pada merek lama yang sudah
memiliki reputasi baik dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian
3. Negara asal
Negara
dimana suatu produk dihasilkan menjadi pertimbangan penting dikalangan konsumen
. Negara asal sering mencitrakan kualitas produk . Konsumen mungkin sudah tidak
meraguakan lagi kualitas produk elektronik dari Jepan . Sementara , untuk jam
tangan nampaknya jam tangan buatan Swiss meruapak produk yang handal tak
teragukan
4. Saliensi kriteria evaluasi
Konsep
saliensi mencerminkan ide bahwa criteria evaluasi kerap berbeda pengaruhnya
untuk konsumen yang berbeda dan juga produk yang berbeda . Pada suatu produk
mungkin seorang konsumen mempertimbangkan bahwa harga adalah hal yang penting ,
tetapi tidak untuk produk yang lain . Atribut yang mencook (salient) yang
benar-benar mempengaruhi proses evaluasi disebut sebagai atribut determinan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar